Kami Sharing Semua Hal Disini

Pasang Iklan

http://3.bp.blogspot.com/-O6gMUd6QINY/VD3v9iIRrtI/AAAAAAAAAY4/dTeIgZDy41Y/s1600/Banner%2B728%2Bx%2B90%2Bpixels.gif
Diberdayakan oleh Blogger.

Pasang Iklan Gratis

http://3.bp.blogspot.com/-teGpjRwolKg/VD90yBc8RXI/AAAAAAAAAaQ/1cHnyAbFbSM/s1600/Banner%2B468x60.gif

Google Keep, Catatan Online Kurangi Penggunaan Kertas

Google Keep dan Evernote memiliki konsep yang sama, mengurangi penggunaan kertas dan menyatukan catatan pribadi kedalam satu media.
Minggu-minggu ini kita tak hanya mendengar kabar ditutupnya layanan Google Reader, dan kini Google Keep dirilis dengan target pasar dan tampilan berbeda. Aplikasi Google Keep sangat mirip dengan app Evernote sebagai raksasa aplikasi ‘catatan ringan’ yang sebelumnya juga banyak digunakan pengguna Android.
Menurut saya, peluang Google merangkul pengguna Android yang gemar mencatat aktifitas (to do list) sangat banyak, terutama kalangan pelajar dan profesional yang masih menggunakan kertas sebagai catatan pribadi. Konsep ini mungkin akan menggantikan kertas dimasa mendatang, semua catatan penting ada dalam satu genggaman.

ini dia video nya  :

 

 

 

 

 

 

 

Google Keep Atau Evernote?

Saya masih ingat ketika dulu sering menggunakan catatan tersendiri untuk mengingatkan jadwal dan aktifitas penting. Catatan itu belum sehebat sekarang yang memiliki alarm tepat atau sebelum jadwal yang ditentukan. Memang zamannya tulis menulis di kertas tidak lagi menjadi trend, selain menghemat penggunaan kertas yang membantu mendinginkan Bumi kita (pengusaha kertas pun gigit jari..)
Berbicara soal to-do-list, saat ini pengguna smartmobile lebih familiar dengan Evernote. Aplikasi Evernote terkesan menawan dan mudah digunakan, selain itu pengguna bisa mengakses catatan pribadi melalui browser, jadi tak harus memiliki smartphone.

Google Keep
Google Keep


Nah,… sekarang sudah hadir App pesaing Evernote yang tak lain adalah Google Keep. Lagi-lagi Google tengah berjuang keras mengambil pasar besar, dan menurut saya peluang ini jauh lebih besar dibanding aplikasi lainnya. Kenapa demikian?
Kita bisa membayangkan, berapa banyak pekerja, tenaga profesional, pengusaha, pelajar, dan hampir sebagian besar memiliki catatan pribadi ataupun to-do-list sebagai rutinitas aktifitas. Ini berbeda dari app lain seperti sosial media dan blogging, karena Evernote dan Google Kepp lebih ditujukan sebagai app pribadi dan memaksimalkan kinerja seseorang.
Sebagai contoh bisa dlihat pada app Evernote Android dimana terlihat berbagai menu mulai dari teks hingga multimedia. Fitur media sebenarnya bisa menggantikan sistem perekaman suara, yang dulu menggunakan tape atau handphone kini lebih mudah menggunakan app Evernote ataupun Google Keep. Sama halnya dengan Video, dimana kita bisa menyertakan catatan tambahan didalam file tersebut.
Jujur saya katakan, konsep ini sangat menarik karena sangat berbeda dengan blogging dan sosial media. Sebelumnya saya sendiri menggunakan sosial media yang di-set ‘private’, tapi menurut saya konsep seperti ini kurang relevan. Menyimpan catatan dan file pribadi di sosial media bukanlah hal yang tepat. Saya juga pernah menggunakan app Evernote untuk membantu presentasi, jadi hanya memegang ponsel berukuran kecil untuk menggantikan selusin kertas.
Berbicara soal Google Keep, app ini ternyata dibatasi hanya untuk pengguna Android 4.0 keatas, versi dibawah ini tidak bisa menggunakan layanan Google Keep. Tapi jangan sedih lho,… masih ada Evernote yang tampilannya memang mengesankankan dan fitur tak jauh beda dengan Google Keep. Google Keep juga bisa diakses melalui web, layanan ini terinterasi dengan Google Drive.
Wah…. dan sepertinya Google tetap terus mengaitkan produk mereka satu sama lain, jadi tak hanya akun terkait, produk Google juga saling membantu produk lainnya. Semuanya dimulai dari Google Drive dimana semua file terintegrasi, alasan ini mungkin menjadi alasan Google tak lagi mendukung layanan Picassa. Saya yakin produk baru selanjutnya juga sama, jadi tak hanya Google Keep yang terintegrasi.
Oh ya,… tampilan Google Keep juga terkesan ringan tak memberatkan. Menurut saya lebih simpel dibanding Evernote. Sekarang terserah kalian,… pakai Google Keep atau Evernote? Yang pasti keduanya menawarkan layanan yang sama, ini penting lho… demi Bumi yang adem kita harus mengurangi penggunaan kertas
0 Komentar untuk " Google Keep, Catatan Online Kurangi Penggunaan Kertas "
Back To Top